tema 6

Microsoft Power Point adalah software untuk pembuatan presentasi. Jika
Microsoft Word digunakan untuk membuat laporan tertulis dan Microsoft Excel untuk
membuat laporan yang melibatkan data angka dan grafik, maka PowerPoint digunakan
untuk mempresentasikan hasil akhirnya.
Biasanya Bapak/Ibu membuat laporan dokumen di Word dan Excel namun
Bapak/Ibu tidak mempresentasikannya dalam bentuk dokumen Word atau Excel,
namun dalam bentuk slide-slide PowerPoint. Kelebihan fitur PowerPoint adalah:
1. Memiliki tampilan slide per slide untuk mempermudah presentasi.
2. Mudah memasukkan teks dan gambar.
3. Bisa juga memasukkan animasi dan file video dan audio.
4. Bisa mengimpor nilai dari Word dan Excel.
5. Bisa membuat animasi untuk mempercantik proses peralihan antara slide.
6. Memiliki berbagai desain tampilan yang cukup professional untuk bisa diterapkan
dengan mudah.
7. Memiliki banyak template presentasi yang bisa digunakan, terutama yang bersifat
open source yang tersedia luas di internet.
2. Mengaktifkan Microsoft PowerPoint 2007
Microsoft PowerPoint 2007
USAID-DBE1 Training ICT
149
Untuk memulai menjalankan PowerPoint 2007 paling sering dilakukan dari Start >
All Program > Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint 2007.
Maka aplikasi PowerPoint akan dijalankan. Berikut antarmuka (interface) pada
PowerPoint. Keterangan fitur-fitur sesuai nomor urut ialah sebagai berikut:
1
2
8

4
5
7
6
3
9
Microsoft PowerPoint 2007
Training ICT USAID-DBE1
150
1. Office Button kumpulan menu pengelolaan file presentasi
2. Tab kumpulan menu penyusunan presentasi
Tab Home untuk menyunting tampilan isi slide presentasi
Tab Insert untuk menyisipkan objek pada slide presentasi
Tab Design untuk mengatur rancangan dasar slide presentasi
Tab Animation untuk mengatur tampilan efek animasi slide presentasi
Tab Slide Show untuk mengatur jalannya presentasi
Tab Review untuk memeriksa isi slide presentasi
Tab View untuk mengatur tampilan jendela kerja slide presentasi
3. Grup Tab dalam tiap tab menu berisi tombol perintah yang umum digunakan.
4. Slides tampilan slide-slide presentasi
5. Slide tampilan halaman pertama slide presentasi.
6. Title tempat penulis judul presentasi.
7. Subtitle tempat penulisan sub-judul dari judul presentasi.
8. Slide Show menampilkan hanya slide yang terpilih.
9. Ribbon kumpulan menu toolbar.
3. Memasukkan Teks ke Slide
Dalam menyusun presentasi disarankan agar teks yang dimasukkan ke dalam satu slide
jangan terlalu banyak.
Cara memasukkan teks ke slide ialah seperti berikut ini:
„R Klik pada kotak yang disediakan di slide.
„R Maka tampilan pointer menjadi siap untuk pemasukan teks.
„R Kemudian ketik saja teks yang ingin dimasukkan, melalui keyboard, missal
ketiklah PILOT PROGRAM PENGUATAN EMIS DI ACEH.
Microsoft PowerPoint 2007
USAID-DBE1 Training ICT
151
„R Kotak tempat teks selanjutnya bisa diatur dengan cara menggeser bagian
ujung-ujungnya (sudut kiri/kanan/atas/bawah), sehingga menghasilkan ukuran
yang diinginkan.
„R Kotak tersebut bahkan bisa diputar dengan memutar ikon bundar berwarna
hijau seperti berikut.
4. Memasukkan Gambar ke Slide
Komponen penting kedua setelah teks adalah gambar. Bapak/Ibu bisa pula
memasukkan gambar ke slide presentasi dengan cara berikut:
„R Klik tab Insert di ribbon.
„R Klik command Picture di kotak Illustrations.
Microsoft PowerPoint 2007
Training ICT USAID-DBE1
152
„R Muncul window Insert Picture. Pilihlah gambar yang ingin dimasukkan dari
window ini. Kemudian memasukkannya dengan mengklik Insert.
„R Maka gambar akan dimasukkan ke slide. Jika ukuran gambar besar, gambar
tersebut bisa memenuhi keseluruhan slide.
„R Gambar tersebut kemudian bisa diatur ukurannya sama seperti ketika
mengatur kotak yang menampung teks. Di samping itu bisa juga digeser
posisinya menggunakan cara klik pada garis gambar.
Picture
Microsoft PowerPoint 2007
USAID-DBE1 Training ICT
153
5. Memformat Teks dan Gambar
Teks dan gambar merupakan bagian yang sangat penting bagi presentasi, Bapak/Ibu
tema 6 tema 6 Reviewed by semutimut.com on 17.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.